TKA – Mata pelajaran Sejarah dalam Tes Kemampuan Akademik (TKA) bertujuan untuk mengukur kemampuan murid dalam memahami dan mengkaji peristiwa sejarah dalam konteks ruang dan waktu, serta mengembangkan kemampuan berpikir historis.
Dalam TKA mapel pilihan Sejarah terdapat enam kompetensi utama, yaitu: pengantar ilmu sejarah; periode kerajaan Hindu-Buddha dan Islam; perlawanan terhadap bangsa Eropa; pergerakan nasional sampai proklamasi kemerdekaan; revolusi kemerdekaan Indonesia sampai demokrasi terpimpin; dan orde baru sampai reformasi. Apa saja cakupannya? Mari kita bahas lebih lanjut.
Baca Juga: Ini Mata Pelajaran Wajib dan Pilihan dalam TKA untuk Jenjang SMA/Sederajat
Dilansir dari laman resmi Pusmendik, berikut adalah kisi-kisi TKA Sejarah untuk jenjang SMA/sederajat:
| NO | MATERI | SUB MATERI | KOMPETENSI |
| 1 | Pengantar ilmu sejarah | Konsep dasar sejarah | Menjelaskan dan menganalisis konsep perubahan, keberlanjutan, serta sebab-akibat untuk memahami pengaruh peristiwa sejarah terhadap fenomena sosial yang dialami murid |
| Fenomena sejarah dalam kehidupan sehari-hari | Menganalisis keterkaitan antara peristiwa sejarah masa lalu dan dinamika sosial budaya masyarakat masa kini dengan menggunakan prinsip perubahan, keberlanjutan, dan sebab-akibat | ||
| Sumber-sumber sejarah | Mengidentifikasi fungsi dan perbedaan antara sumber sejarah primer dan sekunder serta menganalisis penggunaannya untuk merekonstruksi peristiwa masa lalu secara kontekstual | ||
| 2 | Periode kerajaan Hindu-Buddha dan Islam | Kehidupan religi, budaya, politik, dan ekonomi masyarakat di Nusantara pada masa kerajaan Hindu-Buddha | Mengevaluasi teori masuknya agama dan kebudayaan Hindu-Buddha ke Nusantara berdasarkan konsep dasar sejarah, menganalisis kehidupan politik dan ekonomi kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha, serta mengklasifikasikan peninggalan budaya yang dihasilkannya |
| Kehidupan religi, budaya, politik, dan ekonomi masyarakat di Nusantara pada masa kerajaan Islam | Menganalisis hubungan antara masuknya agama dan kebudayaan Islam dengan perubahan dalam sistem politik, ekonomi, serta perkembangan budaya masyarakat Nusantara | ||
| 3 | Perlawanan terhadap bangsa Eropa | Proses kedatangan bangsa Eropa ke Nusantara | Menjelaskan dan menganalisis keterkaitan antara motivasi kedatangan bangsa Eropa dan perubahan sosial, ekonomi, serta politik di Nusantara dengan menggunakan pendekatan diakronik dan sinkronik |
| Perlawanan terhadap bangsa Eropa sebelum abad ke-20 | Menganalisis keterkaitan antara kebijakan kolonial bangsa Eropa dan munculnya berbagai bentuk perlawanan rakyat Nusantara sebelum abad ke-20, serta mengevaluasi strategi perjuangan yang dilakukan | ||
| 4 | Pergerakan nasional sampai proklamasi kemerdekaan | Pergerakan nasional Indonesia | Mengidentifikasi dampak politik etis dan munculnya berbagai organisasi pada masa pergerakan nasional serta menganalisis strategi perlawanan yang dilakukan dalam berbagai bidang |
| Relevansi semangat pergerakan nasional dengan masa kini | Menganalisis relevansi nilai dan semangat perjuangan tokoh-tokoh pergerakan nasional dalam menghadapi tantangan kehidupan berbangsa dan bernegara di masa kini | ||
| Kehidupan bangsa Indonesia di bawah penjajahan Jepang dan perlawanan bangsa Indonesia | Mengevaluasi beberapa penjelasan tentang penyebab utama runtuhnya kekuasaan Belanda di Indonesia sebelum pendudukan Jepang, berdasarkan sumber sejarah yang relevan | ||
| Menganalisis dampak kebijakan pendudukan Jepang di bidang politik, ekonomi, sosial, dan budaya terhadap kehidupan masyarakat Indonesia | |||
| Peristiwa dan makna proklamasi kemerdekaan Indonesia | Menjelaskan dan menganalisis peristiwa pada masa proklamasi kemerdekaan Indonesia dan maknanya | ||
| 5 | Revolusi kemerdekaan Indonesia sampai demokrasi terpimpin | Perjuangan mempertahankan kemerdekaan | Mendeskripsikan proses pembentukan negara dan pemerintahan Republik Indonesia setelah proklamasi kemerdekaan, serta menganalisis upaya perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan melalui jalur diplomasi dan perjuangan fisik |
| Kehidupan masyarakat Indonesia pada masa demokrasi liberal | Menggunakan konsep Kronologis untuk menjelaskan perkembangan politik dan ekonomi Indonesia pada masa demokrasi liberal berdasarkan peristiwa-peristiwa penting | ||
| Kehidupan masyarakat pada masa demokrasi terpimpin | Mengidentifikasi perkembangan politik dan ekonomi serta menganalisis dampak kebijakan pemerintah pada masa demokrasi terpimpin | ||
| 6 | Orde baru sampai reformasi | Kehidupan masyarakat pada masa orde baru | Menganalisis kronologi perubahan demokrasi terpimpin menjadi orde baru dengan menggunakan konsep sejarah serta mengevaluasi dampak kebijakan politik dan ekonomi orde baru terhadap kehidupan masyarakat Indonesia |
| Kehidupan masyarakat pada masa reformasi | Menganalisis proses lahirnya reformasi dan peran pelajar serta mahasiswa sebagai pelaku sejarah, dengan menggunakan konsep perubahan dan kronologi, serta mengevaluasi dampak kebijakan politik dan ekonomi reformasi terhadap kehidupan masyarakat Indonesia |
Baca Juga:
- Cakupan dan Kisi-Kisi TKA Mapel Wajib Matematika untuk Jenjang SMA/Sederajat
- Kisi-Kisi TKA Mapel Wajib Bahasa Indonesia untuk Jenjang SMA/Sederajat
- Kisi-Kisi TKA SMA/Sederajat Mata Pelajaran Wajib Bahasa Inggris
Nah Sobat Educate, itu adalah informasi seputar kisi-kisi TKA mata pelajaran pilihan Sejarah untuk jenjang SMA sederajat. Kamu sudah siap untuk menjadi salah satu mahasiswa di perguruan tinggi Indonesia? Persiapkan dirimu dari sekarang ya!
Kamu butuh bimbingan untuk mendapatkan nilai terbaik di TKA? Atau butuh bimbingan untuk lolos seleksi tes PTN? Yuk hubungi Bimbel Educate sekarang juga. Educate juga menyediakan Program Privat khusus untuk kamu yang bercita-cita jadi mahasiswa PTN.
Segera konsultasikan mimpimu ke Educate! Kami siap membantumu meraih mimpi! Educate siap untuk menjadi #sahabatberjuang setiap generasi muda dalam meraih cita-cita mulianya.
SOURCE:
Pusmendik



