Dokumen Yang Harus di Siapkan Untuk Daftar Ulang SNBP 2024

snbp 2024

SNBP – Untuk para peserta yang telah lolos seleksi SNBP 2024 harus mendaftar ulang ke universitas yang mereka tuju. Daftar ulang bersifat wajib hal dilakukan untuk menghindari siswa yang akan datang mendaftar UTBK-SNBT dan SNBP secara bersamaan

Di setiap Universitas, jadwal dan prosedur daftar ulang SNBP 2024 untuk peserta lolos seleksi berbeda-berbeda. Pengumuman hasil SNBP 2024 dirilis secara online melalui pengumuman-snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id pada tanggal 26 Maret 2024.

Informasi yang diberikan Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BPPP) menyatakan bahwa tahun ini sebanyak 156.029 siswa lulus seleksi SNBP 2024. Jumlah tersebut merupakan jumlah siswa yang berhasil masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) akademik dan PTN vokasi dan sebanyak 126.421 siswa berhasil memenuhi syarat untuk PTN akademik, dan 29.608 siswa lainnya berhasil memenuhi syarat untuk PTN vokasi.

BPPP juga menyatakan bahwa daya tampung saat ini di PTN akademik dan vokasi belum terpenuhi. Ini menunjukkan bahwa siswa masih memiliki cara lain untuk mengisi kapasitas tersebut melalui jalur setelah SNBP yaitu SNBT dan seleksi jalur mandiri. 

Dokumen Yang Harus Disiapkan Untuk Daftar Ulang SNBP 2024 Untuk Peserta yang Lolos Seleksi:

Proses pemberkasan dapat dilakukan secara online, tetapi bagi peserta yang lolos, ada beberapa dokumen penting yang diperlukan dalam proses daftar ulang SNBP 2024:

  1. Surat Keterangan Lulus
  2. Raport Semester 1-5
  3. Slip Gaji Orang Tua
  4. Akta Kelahiran
  5. Kartu Keluarga
  6. Slip Pembayaran Listrik & Air
  7. Kartu Pendaftaran SNBP 2024
  8. Surat Keterangan Bebas Buta Warna (Untuk Prodi Tertentu)
  9. BPJS Kesehatan
  10. Surat Keterangan Bebas Narkoba
  11. Sertifikat Asli (Jika Melampirkan Sertifikat Saat Pendaftaran SNBP)
  12. Kartu SNBP Yang Sudah di Print

Baca Juga: Perbedaan Jenjang Pendidikan D3, D4 & S1

Kebijakan setiap Universitas tujuan dapat berbeda-beda. Selain itu, jadwal pendaftaran ulang SNBP 2024 disesuaikan dengan kalender akademik masing-masing Universitas.

Untuk Kamu yang ingin mempersiapkan diri masuk Universitas favorit melalui jalur SNBT Educate siap membantu Anda dengan didampingi oleh guru terbaik dan program belajar yang terstruktur. “Klik tautan” untuk informasi lebih lanjut dan daftar segera!