Persiapkan Dirimu Untuk Seleksi UKMPPD 2024

seleksi ukmppd

Educate – Seleksi UKMPPD (Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter) merupakan tahapan penting bagi mahasiswa kedokteran yang hendak melangkah ke tahap berikutnya dalam perjalanan profesional mereka. Kenapa?, karena dengan lolos ujian UKMPPD para calon dokter, akan memperoleh gelar dokternya mereka.

Dengan semakin ketatnya persaingan di dunia kedokteran, penting bagi calon peserta UKMPPD untuk mempersiapkan diri secara optimal. Persiapan yang matang tidak hanya meningkatkan peluang kelulusan, tetapi juga memperkuat pondasi pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam praktik medis sehari-hari.

Materi Ujian UKMPPD

Salah satu langkah awal yang dapat diambil adalah dengan memahami struktur dan format ujian. UKMPPD biasanya mencakup berbagai bidang pengetahuan medis seperti: 

  1. Indra (THT dan Mata)
  2. Reproduksi
  3. Gastrointestinal, hepatobilier, dan pankreas
  4. Forensik dan medikolegal
  5. Saraf
  6. Integumen (Kulit)
  7. Respirasi
  8. Kardiovaskuler
  9. Ginjal dan saluran kemih
  10. Hematologi dan imunologi
  11. Muskuloskeletal
  12. Endokrin metabolik dan nutrisi
  13. Psikiatri

Ujian UKMPPD terbagi menjadi 2 sesi bagian yaitu: 

  • CBT/Computer Based Test (tes berbasis komputer) dan 
  • OSCE/Objective Structured Clinical Examination (tes roleplay dokter dan pasien).

Syarat Mengikuti UKMPPD?

Syarat utama bagi para calon dokter mengikuti ujian UKMPPD adalah setiap mahasiswa kedokteran harus menyelesaikan pendidikan preklinik, klinik, dan dinyatakan lulus oleh fakultas kedokteran masing-masing. Untuk calon dokter memiliki kesempatan mengikuti ujian UKMPPD sebanyak 4 kali.

Peserta UKMPPD dinyatakan lulus dan mendapatkan gelar dokter apabila peserta berhasil lulus pada kedua tes tersebut (CBT dan OSCE).

Computer Based Test Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (CBT UKMPPD) adalah ujian teori berbasis pilihan ganda yang dilaksanakan menggunakan komputer secara serentak bagi seluruh peserta UKMPPD.

Soal yang akan dikerjakan oleh para calon dokter adalah sebanyak 150 soal pilihan ganda, dengan waktu pengerjaan selama 200 menit. Peserta dinyatakan lulus CBT apabila nilainya mencapai 66 atau diatas 66. Hal ini berarti dari 150 soal, peserta hanya boleh maksimal salah menjawab sebanyak 51 nomor.

Selanjutnya adalah OSCE (Objective Structured Clinical Examination). Penilaian OSCE UKMPPD dilakukan berbasis roleplay antara Anda sebagai dokter umum dan pasien. Biasanya setiap peserta OSCE UKMPPD akan diuji melewati 12 station dengan 12 topik berbeda, waktu yang diberikan adalah 15 menit di setiap station. Para peserta ujian diwajibkan untuk mempraktekkan skill sesuai standar kompetensi dokter umum Indonesia.

Bagi Anda yang ingin mempersiapkan diri atau ingin lolos seleksi UKMPPD 2024, Educate siap membantu dengan didampingi oleh guru terbaik, serta program belajar yang terstruktur siap, mewujudkan impian Anda lolos seleksi UKMPPD 2024. klik tautan ini untuk informasi lebih lanjut dan daftar sekarang!

Kesimpulan

Dengan persiapan yang matang dan komprehensif, diiringi dengan tekad dan ketekunan, setiap calon peserta UKMPPD memiliki potensi untuk mencapai kesuksesan dalam menghadapi ujian tersebut. Ingatlah bahwa perjalanan menjadi seorang dokter tidak hanya tentang melewati ujian, tetapi juga tentang komitmen untuk selalu belajar dan memberikan pelayanan yang terbaik bagi pasien. Semoga setiap langkah persiapan yang diambil membawa mereka lebih dekat menuju impian menjadi seorang dokter yang berdedikasi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Category