Strategi atau Tips Memilih Jurusan dan Kampus SNMPTN 2020!

[vc_row type=”in_container” full_screen_row_position=”middle” scene_position=”center” text_color=”dark” text_align=”left” overlay_strength=”0.3″ shape_divider_position=”bottom” bg_image_animation=”none”][vc_column column_padding=”no-extra-padding” column_padding_position=”all” background_color_opacity=”1″ background_hover_color_opacity=”1″ column_link_target=”_self” column_shadow=”none” column_border_radius=”none” width=”1/1″ tablet_width_inherit=”default” tablet_text_alignment=”default” phone_text_alignment=”default” column_border_width=”none” column_border_style=”solid” bg_image_animation=”none”][vc_column_text]Strategi atau Tips Memilih Jurusan dan Kampus SNMPTN 2020!

Strategi atau Tips Memilih Jurusan dan Kampus SNMPTN 2020SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) atau nama kerennya “Jalur Undangan,” adalah salah satu seleksi penerimaan mahasiswa untuk masuk PTN selain SBMPTN dan Ujian Mandiri.

Jalur ini mengutamakan siswa yang memiliki nilai rapor bagus. Maksudnya nilai rapor bagus bukan berarti nilai harus sempurna, ya. Melainkan mendapatkan nilai rata-rata yang stabil setiap semesternya. Memiliki nilai bagus, tetapi, tidak stabil setiap semesternya itu juga menjadi pertimbangan panitia juga. Sejak kelas 10 SMA sebaiknya mengumpulkan nilai yang bagus dan stabil sampai kelas 12 SMA semester 1. dan untuk memaksimal kan nilai kamu juga bisa ikut bimbel, agar mendapat nilai yang maksimal.

 

Untuk  memilih jurusan harus tahu tips dan strategi nya agar kamu tidak salah pilih, yuk simak strategi berikut ini!

  1. Kenali Aturan Main SNMPTN

Strategi atau Tips Memilih Jurusan dan Kampus SNMPTN 2020Sebelum membahas tips dan strategi pilih jurusan dan kampusnya, sebaiknya kamu kenali dulu, nih, aturan main SNMPTN biar enggak salah langkah nantinya.

 

 

 

 

Peraturan memilih PTN:

  • Dapat memilih maksimal dua PTN.
  • Salah satu dari PTN tersebut harus berada di provinsi yang sama dengan SMA asal kamu.
  • Kalau kamu cuma memilih satu PTN, kamu bebas memilih PTN di mana saja.
  • Peraturan memilih Jurusan:
  • Dapat memilih maksimal tiga program studi.
  • Ketentuan memilihnya yakni, satu PTN maksimal dua program studi dan sisa satunya harus dari PTN lain.

 

  1. Pertimbangkan Jurusan dan PTN yang Sepi Peminat

Strategi atau Tips Memilih Jurusan dan Kampus SNMPTN 2020Kamu dapat mengakses berita atau informasi mengenai PTN, jurusan dan bidang studi yang yang tidak terlalu banyak dipilih oleh peserta lain dan mendekati minat kamu. Kamu dapat menjadikan ini sebagai pertimbangan atau cadangan, alih-alih jurusan idaman kamu terlalu sulit untuk digapai. Bisa jadi, setelah kamu pikir-pikir kembali, jurusan sepi peminat itu adalah yang kamu minati. Pokoknya adalah jangan sampai kamu memilih jurusan karena trend atau cuma mau ikut-ikutan teman kamu.

 

  1. Pilih Jurusan Karena Kamu Suka, Bukan Karena Tergiur Popularitas

Kamu tentu tahu, kan, kalau terkadang sebuah jurusan bisa jadi populer dalam rentang waktu tertentu? Misalnya nih, zaman dulu jurusan manajemen paling populer. Kemudian kepopuleran ini bergeser menjadi jurusan ilmu komunikasi. Dan saat ini, jurusan IT alias information technology-lah yang sedang santer.

Tapi jangan sampai tergiur kepopuleran ini. Sebab, tidak lama lagi pasti akan ada jurusan lain yang menggantikan posisi IT. Jangan memilih jurusan hanya karena orang lain memilih jurusan tersebut. Pilihlah yang memang sesuai dengan keinginanmu atau mungkin yang paling kamu kuasai. Dengan begitu, saat kuliah nanti kamu belajarnya tetap semangat dan enggak merasa terjebak alias salah masuk jurusan.

  1. Tidak Hanya Fokus Pada Satu Jurusan

Strategi atau Tips Memilih Jurusan dan Kampus SNMPTN 2020Tidak Fokus Satu Jurusan maksudnya adalah jika di suatu sekolah banyak yg memilih jurusan kedokteran, bisa diapastikan peluang kamu sangatlah kecil karena kamu harus bersaing dengan teman lainnya di sekolahmu yang juga memilih jurusan kedokteran. Ada baiknya kamu mulai memikirkan untuk memilih jurusan yang sepi peminatnya di Universitas tertentu juga.

 

 

  1. Cari Informasi Sebanyak Mungkin tentang Kampus Tujuan

Strategi atau Tips Memilih Jurusan dan Kampus SNMPTN 2020Mungkin pada poin ini kamu punya beberapa alternatif kampus tujuan? Sekarang saatnya ambil notes dan buat perbandingan antara satu kampus dengan kampus lainnya. Kenapa? Karena hal ini berguna untuk tahu seberapa besar peluang kamu untuk masuk ke kampus tersebut.

Informasi yang harus kamu gali yakni, info mengenai daya tampung dan kategori, daftar jurusan yang dapat kamu pilih (misalnya apakah kamu dari IPA/IPS/Bahasa), sebaran siswa diterima, jumlah pendaftar, jumlah diterima, jumlah siswa diterima berdasarkan jurusan, dan jumlah siswa diterima berdasarkan provinsi.

  1. Jangan Lupa Ber Doa

Strategi atau Tips Memilih Jurusan dan Kampus SNMPTN 2020Usaha tidak akan mengkhianati hasil, memang benar tapi usaha tanpa berdoa juga sia-sia.

Berdoalah untuk hasil yang terbaik atas perjuangan kamu belajar, yaitu agar kamu lulus SNMPTN sesuai minat kamu. Selain berdoa sendiri, tidak ada salahnya kamu meminta bantuan keluarga, dan teman-teman terdekat. Karena segala sesuatu yang kita rencanakan, hanya Allah lah  yang menentukan hasilnya.[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

0 thoughts on “Strategi atau Tips Memilih Jurusan dan Kampus SNMPTN 2020!”

Leave a Comment