Serba Serbi Bea Cukai Yang Wajib Kamu Ketahui

[vc_row type=”in_container” full_screen_row_position=”middle” column_margin=”default” scene_position=”center” text_color=”dark” text_align=”left” overlay_strength=”0.3″ shape_divider_position=”bottom” bg_image_animation=”none”][vc_column column_padding=”no-extra-padding” column_padding_position=”all” background_color_opacity=”1″ background_hover_color_opacity=”1″ column_link_target=”_self” column_shadow=”none” column_border_radius=”none” width=”1/1″ tablet_width_inherit=”default” tablet_text_alignment=”default” phone_text_alignment=”default” overlay_strength=”0.3″ column_border_width=”none” column_border_style=”solid” bg_image_animation=”none”][vc_column_text]pkn stan bea cukai 1

pkn stan bea cukai

PKN STAN Bea Cukai adalah salah satu jurusan paling diminati di STAN. Kalau ingin kuliah di Bea Cukai, kamu bisa coba ikut bimbel seperti Sukses STAN, untuk mempelajari soal-soal masuk STAN. Jurusan Kepabeanan dan Cukai Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN dipimpin oleh Ketua Jurusan. Jurusan Kepabeanan dan Cukai memiliki 2 (dua) Program Studi unggulan, yaitu :

Program Studi Diploma Tiga (III) Kepabeanan dan Cukai; dan

Program Studi Diploma Satu (I) Kepabeanan dan Cukai.

Masing-masing Program Studi dipimpin oleh Ketua Program Studi. Penyelenggaraan pendidikan untuk Program Studi Diploma III Kepabeanan dan Cukai diselenggarakan di Kampus PKN STAN. Sedangkan untuk Program Studi Diploma I Kepabeanan dan Cukai, selain diselenggarakan di Kampus PKN STAN, juga mengambil tempat di Balai Diklat Keuangan yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia.

pkn stan bea cukai 2

Bea Cukai PKN STAN bisa menjadi salah satu alternatif pendidikan tinggi.

Akuntansi memang jurusan favorit di PKN STAN. Tapi Sekolah Kedinasan ini tak hanya punya jurusan Akuntansi. Adalah Bea Cukai (Kepabeanan dan Cukai), salah satu jurusan PKN STAN yang sebenarnya tak kalah cemerlang dari Akuntansi.

Bea Cukai berkaitan dengan pelayanan masyarakat secara langsung dibidang ekspor impor. Bea adalah pungutan negara yang dikenakan pada barang masuk atau keluar daerah pabean (batas negara). Sementara itu, cukai dikenakan pada barang dengan karakteristik tertentu.

Barang yang dikenakan cukai oleh negara berupa barang yang konsumsinya perlu dikendalikan, peredarannya perlu diawasi, atau pemakaiannya berdampak negatif pada lingkungan atau masyarakat. Beberapa barang di Indonesia, seperti rokok dan minuman keras, dikenakan cukai.

Jurusan Bea Cukai mendapat perhatian yang cukup banyak dari para pendaftar STAN. Salah satu pekerjaan yang menjadi incaran setelah lulus nanti adalah menjadi bagian dari Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Instansi pemerintahan yang melayani masyarakat di bidang Kepabeanan dan Cukai ini menjadi salah satu daya tarik yang dimiliki oleh Prodi ini. Untuk bisa masuk ke prodi ini, Anda harus dinyatakan lulus pada tes SPMB STAN terlebih dahulu. Hasil yang baik ini bisa Anda dapatkan dari bimbel STAN terbaik. Jika Anda sudah mendapatkan pernyataan lulus dari SPMB STAN maka selanjutnya Anda harus mengikuti tes kebugaran dan kesehatan, seperti:

Push Up

Lari ketangkasan

Cek kesehatan

Sit Up

Lari 12 menit

Tes kebugaran dan kesehatan tersebut sangatlah penting dilakukan karena jurusan Bea Cukai memiliki sistem pendidikan semi militer, jadi semua mahasiswa harus memiliki fisik yang bugar dan segat. Lulusan Bea Cukai nantinya akan bekerja dalam melakukan pengawasan terhadap barang-barang import dan eksport. Mereka nantinya juga akan mengeliminasi barang mana saja yang tidak diperbolehkan masuk ke Indonesia. Oleh karena itu, kedisiplinan sangat diperlukan dalam menjalankan tugas ini. Kebugaran tubuh ini dapat diperoleh jika Anda rajin melakukan latihan dan menjaga pola hidup yang baik.[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

Leave a Comment