Peraturan Terbaru SNBT Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2024

Educate – Tahun 2024 membawa angin segar bagi para calon mahasiswa dengan diterapkannya Peraturan Terbaru Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Perubahan ini dirancang untuk memperbarui dan meningkatkan proses seleksi, membuka pintu bagi para pemuda dan pemudi yang bercita-cita meraih pendidikan tinggi. Berikut adalah pembahasan mengenai peraturan terbaru ini:

  1. Batas Jumlah Pilihan PTN: 1 Pilihan Program Stud

    Ketentuan Pilihan: Bebas memilih di program manapun.
    Contoh Alternatif Pilihan Program Studi: 1 Diploma Tiga, atau 1 Diploma Empat/Sarjana Terapan, atau 1 Sarjana.

  2. Jumlah Pilihan: 2 Pilihan Program Studi

    Ketentuan Pilihan: Bebas memilih di program manapun.
    Contoh Alternatif Pilihan Program Studi: 2 Diploma Tiga, atau 2 Diploma Empat/Sarjana Terapan, atau 2 Sarjana, atau 1 Diploma Tiga dan 1 Diploma Empat/Sarjana Terapan, atau 1 Diploma Tiga dan 1 Sarjana, atau 1 Diploma Empat/Sarjana Terapan dan 1 Sarjana.

  3. Jumlah Pilihan: 3 Pilihan Program Studi

    Ketentuan Pilihan: 2 program akademik dan 1 program vokasi, atau 1 program akademik dan 2 program vokasi.  Contoh Alternatif Pilihan Program Studi: 2 Diploma Tiga dan 1 Sarjana, atau 2 Diploma Empat/Sarjana Terapan dan 1 Sarjana, atau 1 Diploma Tiga dan 1 Diploma Empat/Sarjana Terapan dan 1 Sarjana, atau 2 Sarjana dan 1 Diploma Tiga, atau 2 Sarjana dan 1 Diploma Empat/Sarjana Terapan.

  4. Jumlah Pilihan: 4 Pilihan Program Studi

    Ketentuan Pilihan: 2 program akademik dan 2 program vokasi, minimal satu program diploma Tiga.
    Contoh Alternatif Pilihan Program Studi: 2 Sarjana, 1 Diploma Tiga dan 1 Diploma Empat/Sarjana Terapan, atau 2 Sarjana dan 2 Diploma Tiga.

Plt. Dirjen Diktiristek, Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC., Ph.D., menyoroti fenomena di mana mahasiswa seringkali memilih jalur berikutnya karena belum mantap dengan pilihan sebelumnya.

Oleh karena itu, pemahaman mendalam tentang pilihan program studi menjadi kunci, memungkinkan mahasiswa membuat keputusan yang lebih mantap sesuai dengan minat dan potensi mereka.

Dengan adanya peraturan ini, diharapkan para calon mahasiswa dapat merancang perjalanan pendidikan tinggi mereka dengan lebih yakin dan sesuai dengan visi masa depan yang diinginkan.

Bagi Anda yang ingin mempersiapkan diri atau ingin lolos seleksi masuk Fakultas Kedokteran atau PTN Terfavorit, Educate siap membantu dengan didampingi oleh coach dan guru terbaik, serta program belajar yang terstruktur siap, mewujudkan impian Anda menjadi seorang dokter. klik tautan ini untuk informasi lebih lanjut dan daftar sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *