Mau Persiapan UTBK Kamu Lancar? Hafalkan Doa Ini

Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) merupakan gerbang awal bagi para pejuang perguruan tinggi negeri. Persiapan matang menjadi kunci utama untuk meraih hasil maksimal. Tak hanya belajar materi dan strategi mengerjakan soal, mengandalkan kekuatan doa juga tak kalah penting. Di sanalah peran doa dalam mengantarkanmu menuju kesuksesan.

Doa ini mengandung makna mendalam, memohon kelapangan hati, kemudahan segala urusan, kelancaran lisan, dan pemahaman bagi pendengar. Menghafalkan dan mengamalkannya secara konsisten dapat memberikan ketenangan, kekuatan, dan fokus dalam menghadapi UTBK, Berikut adalah doa-doanya agar selalu diberi kemudahan disegala urusan:

  • Doa Diberi Kemudahan

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي , وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي , وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي , يَفْقَهُوا قَوْلِي

Rabbish-ohli shodrii, wa yassir-lii amri, wahlul ‘uqdatammin-lisaani, yafqahu qauli

Artinya: “Ya Tuhanku, lapangkanlah dadaku, mudahkanlah segala urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, agar mereka mengerti perkataanku.”

  • Doa Agar Diberi Petunjuk

رَبَّنَا آتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا

Robbanaa aatinaa milladunka rohmatan, wahayyi’ lanaa min amrinaa rosyadaa.

Artinya: “Ya Tuhanku, berikanlah kepada kami rahmat-Mu, dan sempurnakan atas kami petunjuk yang benar dalam urusan kami.”

  • Doa Meminta Pertolongan

يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيْثُ، وَأَصْلِحْ لِيْ شَأْنِيْ كُلَّهُ وَلاَ تَكِلْنِيْ إِلَى نَفْسِيْ طَرْفَةَ عَيْنٍ أَبَدًا

Ya hayyu ya qoyyum bi rahmatika astaghiits, wa ash-lihlii sya’nii kullahu wa laa takilnii ilaa nafsii thorfata ‘ainin abadan

Artinya: “Wahai Rabb Yang Maha Hidup, wahai Rabb Yang Berdiri Sendiri tidak butuh segala sesuatu, dengan rahmat-Mu aku minta pertolongan, perbaikilah segala urusanku dan jangan diserahkan kepadaku sekali pun sekejap mata tanpa mendapat pertolongan dari-Mu selamanya”

  • Doa Meminta Ilmu Yang Bermanfaat

اللَّهُمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ عِلْماً نَافِعاً، وَرِزْقاً طَيِّباً، وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Allahumma inni as-aluka ‘ilman nafi’an wa rizqan thayyiban, wa ‘amalan mutaqabbalan

Artinya: “Ya Allah, Jadikanlah ilmu yang Engkau ajarkan kepadaku bermanfaat bagiku. Ajarkanlah kepadaku ilmu yang berguna untukku dan tambahkanlah kepadaku ilmu. Segala puji bagi Allah atas segala hal, aku berlindung kepada Allah dari keadaan dan segala hal yang dilakukan penghuni neraka”.

Dengan persiapan yang matang, hafalan doa yang konsisten, dan pengamalan yang penuh keyakinan, kamu akan melangkah menuju UTBK dengan penuh ketenangan, kekuatan, dan optimisme. Ingatlah, doa hanyalah pelengkap dari usaha dan kerja kerasmu. Semangat belajar dan pantang menyerah adalah kunci utama dalam meraih kesuksesan.

Percayalah pada diri sendiri, berdoa dengan sepenuh hati, dan raihlah mimpimu di perguruan tinggi negeri!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *