Nambah Lagi, Fakultas Kedokteran baru di UPI

kedokteran upi

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) resmi mendirikan Program Studi Dokter Fakultas Kedokteran melalui proses visitasi kelayakan Fakultas Kedokteran pada 5-6 Mei 2023. Fakultas Kedokteran UPI resmi didirikan pada 5 Mei 2023 berdasarkan  izin Lembaga Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) bahwa UPI layak untuk membuka Fakultas Kedokteran dengan keunggulan sport medicine and tourism sebagai upaya untuk mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) terutama dukungan bagi Atlet Indonesia. 

Menurut Rektor Universitas Pendidikan Indonesia Prof Dr M Solehuddin, MPd MA, pihaknya memberikan apresiasi dengan diterimanya surat resmi tentang keputusan penetapan serta rekomendasi telah memenuhi persyaratan akreditasi minimum program studi dari LAM PTKES. 

Menurutnya, keberadaan Program Studi Kedokteran pada Fakultas Kedokteran Universitas Pendidikan Indonesia diharapkan melengkapi Fakultas Kedokteran yang sudah ada di Indonesia dengan memiliki berbagai keunggulan.”Melalui identitas pendidikan, kekhasan, dan keunggulan yang dimiliki semoga bisa memenuhi kebutuhan tenaga dokter. Serta, melayani masyarakat serta mewarnai dalam kiprah Fakultas Kedokteran di Indonesia,” katanya.

Biaya Kuliah S1 Kedokteran UPI

Di angkatan pertama, para mahasiswa baru akan dikenai biaya kuliah sebagaimana diatur dalam Surat Keputusan Rektor Universitas Pendidikan Indonesia Nomor 138/UN40/KU.00.00/2023 tentang biaya pendidikan mahasiswa baru kedokteran UPI. Mengacu pada surat tersebut, total biaya kuliah S1 Kedokteran UPI 2023/2024 sebesar Rp 203 juta. 

Berikut rinciannya: 

  • Biaya registrasi: Rp 1,5 juta. 
  • Biaya penyelenggaraan pembelajaran: Rp 19 juta. 
  • Biaya pengembangan fasilitas dan mutu akademik: Rp 7,5 juta. 
  • Dana pengembangan lembaga: Rp 175 juta. 

Untuk tahun ini, pendaftaran S1 Kedokteran UPI akan dibuka melalui jalur mandiri.

Pendaftaran S1 Kedokteran UPI

Pendaftaran S1 Kedokteran UPI bisa dilakukan dengan mengakses https://pmb.upi.edu/. Setiap pendaftar diberi satu kali kesempatan untuk melakukan pendaftaran secara online. Setelah melakukan pendaftaran, peserta harus membayar uang pembayaran melalui bank yang telah ditentukan. Biaya pendaftaran S1 Kedokteran UPI senilai Rp 350.000. Selanjutnya, peserta akan mendapat kode pembayaran dan PIN. Kode pembayaran dan PIN itu akan digunakan untuk menyelesaikan pendaftaran hingga tahap cetak kartu peserta.

Syarat Pendaftaran S1 Kedokteran UPI

Dilansir dari laman pmb.upi.edu, calon mahasiswa yang mendaftar prodi Kedokteran UPI harus memenuhi beberapa persyaratan, di antaranya: 

  • Warga Negara Indonesia (WNI). 
  • Merupakan lulusan SMA/MA/SMK/Paket C tahun 2023, 2022, dan 2021. 
  • Mempunyai kesehatan fisik dan bebas buta warna yang tidak mengganggu kelancaran belajar di program studi pilihannya, dibuktikan dengan adanya Surat Keterangan Sehat dan Bebas Buta Warna dari Rumah Sakit atau Puskesmas.

Tertarik untuk menjadi mahasiswa kedokteran UPI?

Bagi Anda yang ingin lulus masuk Fakultas Kedokteran bersama educate kami siap membantu Anda mewujudkan impian Anda menjadi seorang dokter. klik tautan ini untuk informasi lebih lanjut dan daftar sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *