Ingin Banget Kuliah di PTN? Lakukan 6 Tips Lolos SBMPTN 2020 Berikut!

[vc_row type=”in_container” full_screen_row_position=”middle” scene_position=”center” text_color=”dark” text_align=”left” overlay_strength=”0.3″ shape_divider_position=”bottom” bg_image_animation=”none”][vc_column column_padding=”no-extra-padding” column_padding_position=”all” background_color_opacity=”1″ background_hover_color_opacity=”1″ column_link_target=”_self” column_shadow=”none” column_border_radius=”none” width=”1/1″ tablet_width_inherit=”default” tablet_text_alignment=”default” phone_text_alignment=”default” column_border_width=”none” column_border_style=”solid” bg_image_animation=”none”][vc_column_text]Ingin Banget Kuliah di PTN? Lakukan 6 Tips Lolos SBMPTN 2020 Berikut!

 

SBMPTNIngin Banget Kuliah di PTN?  merupakan salah satu peluang bagi kamu untuk bisa berkuliah di perguruan tinggi negeri. SBMPTN merupakan ujian tertulis yang akan menyeleksi kamu agar bisa diterima di perguruan tinggi negeri dengan jurusan yang kamu pilih.

Untuk bisa mengenyam pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri (PTN), memang tidak mudah. Hampir semua pelajar di tanah air menargetkan bisa berkuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) favorit mereka masing-masing.

Proses pendaftaran SBMPTN memang masih beberapa bulan lagi, yaitu, pada awal Juni 2020. Namun, melakukan persiapan sedini mungkin, penting banget supaya peluang kamu untuk bisa lolos SBMPTN 2020 lebih besar. Mau tahu tips memperbesar peluang lolos SBMPTN 2020? Simak berikut ini.

Agar bisa lolos SBMPTN, berikut ada 6 tips lolos SBMPTN yang bisa Kamu coba :

  1. Tentukan Target

Ingin Banget Kuliah di PTN?

Tentukan targetmu terlebih dahulu karena akan lebih mudah untuk berhasil jika kamu paham pada targetmu sendiri. Jurusan apa dan universitas apa yang Kamu targetkan. Kemudian berusahalah sambil terus mengingat target yang Kamu miliki. Persiapkan target secara matang agar peluang untuk masuk PTN lebih besar.

  1. Strategi memilih Prodi 1 dan Prodi 2

Menentukan pilihan program studi pertama dan kedua juga akan menjadi penentu apakah kamu bisa lolos SBMPTN 2020 atau tidak. Salah dalam memilih prodi, maka nilai UTBK yang cukup tinggi juga tidak bisa memastikan kamu lolos. Sebaliknya, dengan strategi memilih prodi yang baik, peserta dengan nilai UTBK pas-pasan bisa saja lolos SBMPTN.

Cari tahu berapa kisaran skor UTBK yang diperlukan untuk masuk prodi impianmu, berdasarkan SBMPTN tahun lalu. Kamu juga bisa melihat analisa sebaran peminat atau keketatan yang biasanya ada di situs resmi SBMPTN. Semakin kecil persentase yang ditampilkan maka persaingan semakin ketat. Sebaliknya, semakin besar persentase maka persaingannya semakin longgar.

Prodi pilihan 1 adalah prioritas utama. Saat kamu tidak lolos di pilihan 1, baru kamu akan diseleksi untuk prodi pilihan 2. Untuk itu tempatkan prodi dengan kriteria kelulusan skor tinggi di atas prodi yang skor lulusnya relatif rendah.

3. Manfaatkan keuntungan di balik sistem penilaian yang baru

Ingin Banget Kuliah di PTN? Penilaian SBMPTN 2019 akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Kamu tidak perlu khawatir jika mendapat poin minus saat salah mengerjakan soal. Aturan tersebut lebih menguntungkan. Sebab kamu lebih mampu untuk menjawab soal lebih banyak. Namun, hal tersebut dilihat dari tingkat kesulitan soal, dan tentu kamu harus mampu mengerjakan soal yang sulit untuk mendapat poin tinggi.

 

4. Ikuti try out SBMPTN untuk melatih kemampuan kamu

Ingin Banget Kuliah di PTN? Banyak media-media yang menawarkan try out SBMPTN untuk kalangan pelajar maupun alumni. Hal itu diperlukan agar para peserta SBMPTN dapat mengukur kemampuannya dalam mengerjakan soal, dan menentukan tingkat kelolosan peserta melalui beberapa kali try out. Nah, untuk mengasah kemampuan kamu dalam belajar juga kamu bisa mengikuti Bimbel agar kamu bisa mengukur kemampuan kamu dalam belajar, untuk lebih paham kamu juga dapat meminta guru Bimbel untuk membahas soal-soal try out SBMPTN nya juga.

 

5. Mempersiapkan fisik dan menjaga kesehatan

Ingin Banget Kuliah di PTN? Pelaksanaan UTBK tentunya membuatmu harus bisa tahan di depan layar komputer selama ujian berlangsung. Oleh sebab itu, kamu harus mempersiapkan fisik dan kesehatanmu agar dapat mengerjakan tiap soal dengan maksimal. Jangan lupa juga untuk menjaga kesehatanmu sehingga saat mengikuti ujian, dirimu dalam keadaan paling fit. Kalau perlu, konsumsi vitamin dan suplemen yang kiranya dapat meningkatkan daya tahan tubuhmu. Jangan lupa, kurangi kegiatan-kegiatan yang kiranya dapat menguras tenaga dan mengganggu kesehatanmu, khususnya kesehatan mata.

6. Do’a

Ingin Banget Kuliah di PTN? Jangan lupa berdoa sebelum menghadapi ujian SBMPTN. Berdoa bisa membantu kamu lebih tenang dan lebih percaya diri. Kepercayaan diri sangat dibutuhkan saat menjalani ujian agar Kamu lebih yakin dan fokus Selain berdoa sendiri, tidak ada salahnya kamu meminta bantuan keluarga dan teman-teman terdekat. Karena, segala sesuatu yang kita rencanakan, hanya Allah lah yang menentukan hasilnya.

Itulah 6 tips lolos SBMPTN yang bisa kamu lakukan. Satu hal yang terpenting adalah kamu harus yakin pada dirimu sendiri. Yakinlah bahwa kamu pasti bisa menjalani ujian dengan baik dan bisa lolos diterima di universitas impianmu.

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

Leave a Comment