Cara Masuk Kedokteran Lewat Jalur KKI UI 2024

masuk kedokteran

Universitas Indonesia – Menjadi seorang dokter adalah impian banyak orang yang tertarik dengan ilmu kedokteran. Salah satu jalur terkenal untuk mengejar mimpi tersebut adalah melalui KKI UI, singkatan dari Jalur Khusus Kedokteran Internasional Universitas Indonesia. Program ini merupakan salah satu yang paling diminati di Indonesia karena reputasi yang tinggi serta kualitas pendidikan yang terjamin.

1. Apa itu Jalur KKI UI?

Jalur KKI UI adalah jalur seleksi khusus yang disediakan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) bagi calon mahasiswa yang ingin menempuh masuk fakultas kedokteran. Program ini bertujuan untuk mencetak dokter yang mampu bersaing dengan lulusan dari negara lain dan memiliki kompetensi berstandar internasional. 

KKI juga memungkinkan lulusan untuk melanjutkan pendidikan pascasarjana di institusi pendidikan kedokteran yang diakui secara internasional. Dengan Kurikulum berskala internasional mendorong siswa untuk menggunakan berbagai sumber akademik untuk memperluas pengetahuan mereka dan keterampilan klinis.

Program KKI UI memiliki nilai tambah double degree, yaitu gelar dokter (Universitas Indonesia) dan Bachelor of Medical Science (University of Melbourne atau Monash University) atau Master of Research (University of Newcastle Upon Tyne).

2. Persyaratan Masuk Kedokteran  Jalur KKI UI

Untuk dapat mendaftar melalui jalur KKI UI, calon mahasiswa harus memenuhi beberapa persyaratan tertentu, antara lain:

  • Calon mahasiswa bisa berstatus sebagai WNI atau Warga Negara Asing (WNA).
  • Lulus SMA /sederajat, dalam dan luar negeri (setara ‘A’ level atau IB).
  • Minimal TOEFL Institusional = 550; IELTS = 6
  • Usia ijazah maksimal 5 tahun pada masa pendaftaran

Baca juga: Perbedaan Jenjang Pendidikan D3, D4 & S1

 

3. Proses Seleksi Masuk Kedokteran Jalur KKI UI

Untuk dapat masuk KKI UI bisa melalui jalur Talent Scouting (undangan) dan SIMAK KKI UI (ujian tertulis).

Proses seleksi untuk masuk melalui jalur SIMAK KKI UI cukup ketat dan kompetitif. Calon mahasiswa akan mengikuti serangkaian tahapan, antara lain:

  • Lulusan SMA/sederajat jurusan IPA yang memiliki usia ijasah tidak lebih dari 5 tahun saat mendaftar. Pendaftaran 2024 untuk lulusan tahun 2024, 2023, 2022, 2021, 2020.
  • Memiliki TOEFL Institusional yang disertifikasi ETS (PBT/ITP 550 atau iBT 70) atau IELTS 6. sertifikat TOEFL/IELTS di upload dalam account pendaftaran. Lihat contoh TOEFL/IELTS 
  • Tidak buta warna
  • Sehat jasmani dan mental
  • Bebas narkoba
  • Mengikuti MMPI dan Wawancara MMI hanya untuk peserta yang lolos seleksi ujian dan mendapat panggilan dari panitia seleksi S1 Kelas Internasional FK UI. MMPI dan MMI dilaksanakan setelah ujian SIMAK dan sebelum pengumuman hasil seleksi.

Informasi program kelas internasional dapat dilihat di https://fk.ui.ac.id/kelas-khusus-internasional.html

4. Kesimpulan

Jalur KKI UI merupakan salah satu jalur yang diincar oleh banyak calon mahasiswa untuk mengejar impian menjadi seorang dokter. Dengan persiapan yang matang, tekad yang kuat, dan kemampuan yang memadai, peluang untuk berhasil masuk kedokteran melalui jalur ini akan semakin terbuka lebar. Tetapi, selalu ingat bahwa perjalanan menuju menjadi seorang dokter membutuhkan komitmen dan dedikasi yang tinggi.

Untuk Kamu yang ingin mempersiapkan diri masuk kedoketaran  melalui jalur KKI UI Educate siap membantu Anda dengan didampingi oleh guru terbaik dan program belajar yang terstruktur. “Klik tautan” untuk informasi lebih lanjut dan daftar segera!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Category