Apa Aja kah Jurusan Anak Soshum Yang Pas Untuk Perkuliahan? Ini Dia Jawabannya

[vc_row type=”in_container” full_screen_row_position=”middle” scene_position=”center” text_color=”dark” text_align=”left” overlay_strength=”0.3″ shape_divider_position=”bottom” bg_image_animation=”none”][vc_column column_padding=”no-extra-padding” column_padding_position=”all” background_color_opacity=”1″ background_hover_color_opacity=”1″ column_link_target=”_self” column_shadow=”none” column_border_radius=”none” width=”1/1″ tablet_width_inherit=”default” tablet_text_alignment=”default” phone_text_alignment=”default” column_border_width=”none” column_border_style=”solid” bg_image_animation=”none”][vc_column_text]Jurusan Anak Soshum Pas Perkuliahan Apa Aja Ya 1

Jurusan Anak Soshum Pas Perkuliahan Apa Aja Ya

SOSHUM merupakan singkatan dari Sosial dan Humaniora. Begitulah saat kamu memilih jurusan di SBMPTN, yang akan dilaksanakan oleh LTMPT nanti. Bisa  juga dikenal dengan “kelompok IPS”. Kalalu bingung dengan istilah-istilah ini, bisa coba tanya kakak-kakak pengajar bimbel kamu. Kamu yang punya latar belakang atau memiliki ketertarikan pada ilmu-ilmu sosial, bisa daftar jurusan kuliah yang berbasis IPS. Apa saja jurusan yang termasuk bidang SOSHUM? 

  1. Psikolog

Ilmu psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku, pikiran, dan mental manusia. Jurusan Psikologi sendiri punya banyak peminatan, misalnya Psikologi Anak, Psikologi Pendidikan, Psikologi Industri, dan lain sebagainya. Setiap kampus, biasanya memiliki punya peminatan yang berbeda-beda.

Prospek pekerjaan untuk kamu yang mengambil Ilmu Psikologi, berkisar di berbagai bidang, misalnya sebagai HRD, market research, peneliti, sampai psikolog. Kalau ingin memiliki izin praktik, kamu perlu melanjutkan S2 Profesi Psikologi. 

2. Jurusan Ekonomi

Semua lapangan pekerjaan saat ini, membutuhkan lulusan dari ilmu ekonomi. Baik di sektor swasta maupun pemerintahan. Hal ini dikarenakan jurusan ekonomi mengajarkan skill-skill utama yang dibutuhkan di sebagian besar pasar kerja. Tidak heran, jurusan ekonomi selalu menjadi jurusan populer untuk lulusan IPS dan akan selalu menjadi jurusan yang dibutuhkan kapanpun, baik itu 5 tahun kedepan atau 10 tahun kedepannya.

Jurusan Anak Soshum Pas Perkuliahan Apa Aja Ya 2

3. Jurusan Ilmu Hukum

Ilmu Hukum merupakan jurusan kuliah IPS yang paling banyak diminati. Selain karena jurusan yang paling bergengsi dan terlihat mewah, peluang kerja setelah lulus sarjana hukum juga sangatlah luas. Kenapa sarjana hukum sangat dibutuhkan? Hal ini dikarenakan banyaknya persoalan hukum yang terjadi di semua lingkup hidup kita. Baik itu dalam departemen, instansi maupun kementerian hukum. Sarjana Hukum juga sangat dibutuhkan di perusahaan-perusahaan besar sebagai ahli atau konsultan hukum. Banyaknya persoalan hukum di Indonesia yang tidak selesai-selesai juga menjadi peluang kerja sarjana hukum menjadi sangat luas dan dibutuhkan ketika kamu mencari lowongan kerja.

4. Hubungan Internasional

Ingin prospek kerja yang menjanjikan dan membuatmu sering keluar negeri? Pilih jurusan ini. Hubungan Internasional mempelajari bagaimana menjalin hubungan antar negara dengan baik. Kamu juga akan belajar cara mempertahankan keharmonisan dua negara untuk menghasilkan hubungan bilateral yang saling menguntungkan dengan mengedepankan isu-isu umum seperti sosial, hukum, ekonomi, dan politik. Prospek Kerja lulusan HI adalah Duta Besar, International Officer, Konsultan Internasional, Politisi, dan Wartawan.

5. Sastra

Kalau kamu senang belajar bahasa baru, prodi Sastra adalah pilihan yang cocok. Sastra sangat banyak macamnya, mulai dari Sastra Inggris, Sastra Jerman, Sastra Jepang, Sastra Prancis, Sastra Rusia, Sastra Cina, Sastra Jawa, dan lain sebagainya. Pilih saja mana yang paling sesuai dengan minatmu.

Selain menawarkan pilihan mata kuliah yang menarik, jurusan sastra juga mempunyai prospek kerja yang luas. Nantinya kamu bisa mengembangkan karir di berbagai bidang, seperti penerjemahan, media, guru/dosen, guide, sampai bekerja di kedubes.

Apakah kamu ingin berkuliah di salah satu jurusan SOSHUM tersebut? Atau jurusan SOSHUM lainnya yang belum tertulis di atas?[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

Leave a Comment