5 Cara Cepat Menghafal Pelajaran saat Ujian

[vc_row type=”in_container” full_screen_row_position=”middle” column_margin=”default” scene_position=”center” text_color=”dark” text_align=”left” overlay_strength=”0.3″ shape_divider_position=”bottom” bg_image_animation=”none”][vc_column column_padding=”no-extra-padding” column_padding_position=”all” background_color_opacity=”1″ background_hover_color_opacity=”1″ column_link_target=”_self” column_shadow=”none” column_border_radius=”none” width=”1/1″ tablet_width_inherit=”default” tablet_text_alignment=”default” phone_text_alignment=”default” overlay_strength=”0.3″ column_border_width=”none” column_border_style=”solid” bg_image_animation=”none” offset=”vc_hidden-lg vc_hidden-md vc_hidden-sm vc_hidden-xs”][vc_column_text]

Menghafal Pelajaran Saat Ujian

Menghafal Pelajaran Saat Ujian Terbaik SD SMP SMA Garansi. Belajar bersama guru terbaik UI UGM ITB. Modul lengkap metode belajar asyik dengan Lowongan Guru Bimbel terbaik.

Menghafal Pelajaran Saat Ujian[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row type=”full_width_background” full_screen_row_position=”middle” column_margin=”default” scene_position=”center” text_color=”dark” text_align=”left” overlay_strength=”0.3″ shape_divider_position=”bottom” bg_image_animation=”none” shape_type=””][vc_column column_padding=”no-extra-padding” column_padding_position=”all” background_color_opacity=”1″ background_hover_color_opacity=”1″ column_link_target=”_self” column_shadow=”none” column_border_radius=”none” width=”1/1″ tablet_width_inherit=”default” tablet_text_alignment=”default” phone_text_alignment=”default” overlay_strength=”0.3″ column_border_width=”none” column_border_style=”solid” bg_image_animation=”none”][vc_column_text]

Sebagai pelajar, Anda perlu mengetahui cara cepat menghafal pelajaran saat ujian. Dengan demikian, bila ujian nasional tiba Anda dapat mengerjakan semua soal dengan lancar dan hasilnya pun memuaskan. Lantas bagaimana cara mudah menjadi pembelajar cepat dan menghafal ketika ujian? Simak ulasan tips praktisnya di bawah ini.

Memakai Metode Berbeda Setiap Latihan

Apabila Anda mengikuti les privat dan mempelajari materi matematika pada rumus A, sebagian besar siswa akan mengerjakan rumus yang sama dan terus berulang. Sedangkan kalau ingin mudah menghafalnya, sebaiknya tempat les ini menggunakan rumus berbeda untuk materi tersebut. Sehingga dapat mempertajam penguasaan Anda pada tiap materinya.

Mengenai ini telah dibuktikan oleh seorang peneliti, dimana dalam penelitian itu menguji 2 kelompok belajar. Kelompok A berlatih menggunakan metode yang sama secara berulang, untuk kelompok B dilatih dengan rumus berbeda-beda tiap latihannya. Alhasil, kelompok belajar yang selalu modifikasi cara pelatihannya mendapatkan hasil yang lebih baik daripada kelompok memakai terus-menerus metode yang sama.

Mengajari Orang Lain

Cara cepat menghafal pelajaran saat ujian berikutnya ialah dengan mengajarkannya ke orang lain. Kegiatan menjelaskan kembali pelajaran pada orang lain ini, terbukti dapat membuat ingatan materi tersebut mampu bertahan lebih lama. Materi yang bisa Anda simpan pun jadi lebih banyak. Namun bila tidak ada orang yang bisa diajari? Cobalah berdiri di depan cermin lalu berakting seolah tengah mengajari seseorang.

Belajar saat Ujian Telah Dekat

SKS alias sistem kebut semalam ternyata terbukti lebih mujarab digunakan sebagian orang supaya lebih mudah menghafal saat ujian tiba. Menurut ahli di Pusat Keberhasilan Akademis, menganjurkan para siswa untuk menggunakan waktu 30-50 menit sebelum ujian untuk mengoptimalkan hafalannya. Tetapi, Anda mesti sisakan jeda waktu 10 menit untuk beristirahat sejenak sebelum ujian dimulai.

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row type=”full_width_background” full_screen_row_position=”middle” column_margin=”default” scene_position=”center” text_color=”dark” text_align=”left” overlay_strength=”0.3″ shape_divider_position=”bottom” bg_image_animation=”none” shape_type=””][vc_column column_padding=”no-extra-padding” column_padding_position=”all” background_color_opacity=”1″ background_hover_color_opacity=”1″ column_link_target=”_self” column_shadow=”none” column_border_radius=”none” width=”1/1″ tablet_width_inherit=”default” tablet_text_alignment=”default” phone_text_alignment=”default” overlay_strength=”0.3″ column_border_width=”none” column_border_style=”solid” bg_image_animation=”none”][/vc_column][/vc_row][vc_row type=”full_width_background” full_screen_row_position=”middle” column_margin=”default” scene_position=”center” text_color=”dark” text_align=”left” overlay_strength=”0.3″ shape_divider_position=”bottom” bg_image_animation=”none” shape_type=””][vc_column column_padding=”no-extra-padding” column_padding_position=”all” background_color_opacity=”1″ background_hover_color_opacity=”1″ column_link_target=”_self” column_shadow=”none” column_border_radius=”none” width=”1/1″ tablet_width_inherit=”default” tablet_text_alignment=”default” phone_text_alignment=”default” overlay_strength=”0.3″ column_border_width=”none” column_border_style=”solid” bg_image_animation=”none”][vc_column_text]

Membawa Catatan Kecil

Walaupun kini sudah eranya tablet dan handphone, membuat catatan kecil masih dianggap sebagai cara jitu agar mudah menghafal ketika ujian. Saat Anda menulis manual catatan pelajaran sekolah, kamu akan mampu mengidentifikasi konsep penting dan dapat mendengarkan lebih cermat pada materi pembelajaran.

Cobalah Tidur Siang

Apabila Anda mengira bahwa ujian berarti harus belajar terus menerus dan hilang waktu tidur siang, hal ini sebetulnya persepsi yang keliru. Berdasarkan sebuah eksperimen ini membandingkan dua kelompok belajar bahasa. Pada kelompok satu diberi jeda tidur siang, sementara kelompok yang lain tidak, hasilnya menampakkan perbedaan yang signifikan.

Kelompok satu bisa mengingat kosa kata 10 dari 16 yang diajarkan, namun kelompok kedua cuma punya nilai rata-rata 7,5 per 10. Jadi istirahatlah di antara dua sesi belajar,  maka dengan cara ini akan membuat ingatan Anda bertahan lebih lama. Tapi jangan juga lebih lama tidurnya dibanding masa belajar Anda.

Berdasarkan tips di atas, setidaknya bisa Andalkan saat mendekati waktu ujian. Apalagi cara cepat menghafal pelajaran saat ujian ini sangat mudah diikuti.

[/vc_column_text][divider line_type=”No Line”][/vc_column][/vc_row]