Mau Lulus Tes CPNS 2020? Beginilah Rahasianya!

[vc_row type=”in_container” full_screen_row_position=”middle” column_margin=”default” scene_position=”center” text_color=”dark” text_align=”left” overlay_strength=”0.3″ shape_divider_position=”bottom” bg_image_animation=”none”][vc_column column_padding=”no-extra-padding” column_padding_position=”all” background_color_opacity=”1″ background_hover_color_opacity=”1″ column_link_target=”_self” column_shadow=”none” column_border_radius=”none” width=”1/1″ tablet_width_inherit=”default” tablet_text_alignment=”default” phone_text_alignment=”default” overlay_strength=”0.3″ column_border_width=”none” column_border_style=”solid” bg_image_animation=”none”][vc_column_text]tips lolos tes wawancara 1

tips lolos tes wawancara kedinasan

Perguruan Tinggi Kedinasan atau Sekolah Kedinasan merupakan salah satu alternatif pilihan bagi mereka yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi. Baik itu ke Perguruan Tinggi baik Negeri maupun Swasta, namun tidak memiliki kemampuan dalam bidang ekonomi. Makanya, mengetahui tips lolos tes wawancara kedinasan menjadi penting dan sering dicari orang. Anda bisa mengikuti bimbel, untuk informasi lebih lanjut dan simulasi soal-soal.

Karena masuk perguruan tinggi negeri atau swasta membutuhkan, biaya kuliah yang tidak murah. Belum lagi, hitungan biaya hidup untuk mereka yang dari perantauan maupun biaya kuliahnya sendiri. Para pendaftar wajib mengikuti tahapan seleksi yang diadakan sekolah kedinasan tersebut. Tahapan seleksinya dikenal dengan sistem gugur. Jadi, siapa yang tak lulus di tes tahap awal tak akan lanjut ke tes tahap berikutnya.

Sebenarnya wawancara itu merupakan tes yang paling mudah diantara tes-tes sebelumnya. Mengapa demikian? Karena Anda tidak perlu bekerja keras untuk menghafal atau pun latihan menghitung seperti Tes TPA apalagi Tes Psikotes. Walaupun tes ini lebih mudah dari yang lain, tes wawancara ini benar-benar menjadi penentu lulus atau tidaknya ke tahapan selanjutnya. Banyak yang bilang, kalau penampilan dan wujud kita itu merupakan point utama. Tidak hanya otak cerdas yang dibutuhkan.

Bahkan tidak hanya itu, untuk beberapa Perguruan Tinggi Kedinasan ketika mereka lulus, selain langsung diangkat jadi Pegawai Negeri Sipil, ada yang bisa langsung menduduki jabatan tertentu. 

Untuk membantu adik-adik tamatan SMU/ SMK sederajat yang bercita-cita menjadi Pegawai Negeri Sipil yang merupakan Profesi paling populer di Indonesia ini, melalui jalur Sekolah Kedinasan, berupa tips dan trik menyiasati seleksi masuk Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK).

tips lolos tes wawancara 2

  1. Pakailah busana sesuai ketentuan.

Biasanya yang saya pakai kalau tes itu ya kemeja, celana panjang bahan & sepatu. Untuk perempuan yang rambutnya panjang lebih baik diikat & untuk pria biasanya udah cepak duluan pas seleksi administrasi biar terlihat rapih kayak prajurit TNI.

2. Berpenampilan sigap, intelek & bersahabat.

Saat menjawab pertanyaan usahakan untuk tetap percaya diri, jujur, apa adanya, tidak berlebihan, senyum & tatap mata pewawancara dengan bersahabat. Suara yang dikeluarkan harus jelas. Hindari pengulangan kalimat (ngomong muter-muter). Makanya klo mau jawab dipikir dulu tapi jgn telalu lama, 5 detik cukup lah.

3. Persiapkan materi tentang UUD.

Dalam tahapan seleksi tes wawancara anda harus mempersiapakan banyak materi seperti pengetahuan tentang UUD, Sejarah , Pancasila dan yang paling penting adalah Mental Ideologi anda.

4. Kuasai Kemampuan Bahasa dan Keterampilan

Kemampuan bahasa Inggris dan keterampilan komputer merupakan salah satu modal penting dalam menjalani seleksi masuk sekolah kedinasan. Tes ini juga menjadi salah satu tahapan penting yang menentukan calon siswa dan taruna untuk lolos ke tahapan berikutnya.

5. Utamakan Kejujuran

Kejujuran adalah juga merupakan salah satu faktor penting lainnya dalam tahapan proses seleksi sekolah kedinasan, terutama pada saat tes wawancara. Jawablah segala pertanyaan dengan jujur, sopan, dan menggunakan bahasa yang formal. Di samping itu, kejujuran juga penting saat melakukan pengumpulan dokumen. Jangan berani-berani memalsukan atau memanipulasi data karena bisa membuatmu langsung gugur dalam proses seleksi.[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *