5 Cara Kilat Sukses Menghadapi Tes Potensi Akademik

[vc_row type=”in_container” full_screen_row_position=”middle” scene_position=”center” text_color=”dark” text_align=”left” overlay_strength=”0.3″ shape_divider_position=”bottom” bg_image_animation=”none”][vc_column column_padding=”no-extra-padding” column_padding_position=”all” background_color_opacity=”1″ background_hover_color_opacity=”1″ column_link_target=”_self” column_shadow=”none” column_border_radius=”none” width=”1/1″ tablet_width_inherit=”default” tablet_text_alignment=”default” phone_text_alignment=”default” column_border_width=”none” column_border_style=”solid” bg_image_animation=”none”][vc_column_text]5 Cara Kilat Sukses Menghadapi Tes Potensi Akademik

5 Cara Kilat Sukses Menghadapi Tes Potensi AkademikTips atau cara menghadapi Tes Potensi Akademik, atau yang sering kali disingkat dengan TPA memang bukan lagi menjadi hal aneh bagi bagi mereka yang mendaftar kerja di instansi tertentu, atau juga melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Tes Potensi Akademik juga diberikan bagi mereka yang mendaftar S1 melalui ujian SBMPTN.

Secara garis besar, ujian tes akademik merupakan tes yang diperuntukan bagi seseorang untuk bisa mengetahui kemungkinan tingkat keberhasilannya. Ketika mereka menerima sebuah jabatan atau lain sebagainya. Tes Potensi Akademik juga pasti akan Anda temui jika mendaftar Pegawai Negeri Sipil.

Jika Anda sudah pernah mencoba tes akademik ini, pasti Anda sudah tahu beberapa kriteria apa yang dijadikan standar bagi kelulusan Anda. Biasa skor yang harus kalian capai untuk mengikuti standar internasional yaitu dimulai dari 200 hingga 800. dan untuk memenuhi skor ini kamu harus lebih giat belajar atau bisa juga dengan mengikuti bimbel agar jadwal belajar kamu lebih teratur.

Agar tidak terjebak dengan pilihan yang diberikan dan lebih mudah untuk menembus tes potensi akademik, berikut 5 cara yang harus kalian ingat dan praktekan ketika sedang melakukan ujian ini.

1. Mencoba lebih akrab dengan karakteristik setiap soal tes

5 Cara Kilat Sukses Menghadapi Tes Potensi Akademik

Saat ini, ada banyak sekali instansi yang memberikan tes potensi akademik. Namun, tentu saja setiap soal dari instansi tersebut memiliki model soal, tingkat kesulitan, juga strategi penyelesaian soal yang berbeda. Itu sebabnya, sebelum datang untuk mengikuti ujian ini, sebaiknya Anda sudah mengetahui terlebih dahulu bagaimana model dan karakteristik tes yang akan diikuti.

Tidak ada cara yang lebih baik selain mencari model soal yang sudah pernah diberikan oleh instansi yang akan anda ikuti tes potensi akademiknya, misalnya pada 3 tahun terakhir. Meskipun begitu, jangan lupa juga bahwa setiap tahun soal ujian yang diberikan tentu saja akan terus berkembang dan semakin sulit, maka Anda juga harus lebih teliti dan mencari model tes terkini.

  1. Kiat Mengerjakan Tes Numerik

Pada tes ini, Anda akan diperhadapkan dengan operasi hitung matematika dasar. Selain itu, Anda perlu mengingat berbagai rumus yang diperlukan dalam menjawab soal-soal tersebut.

Latihlah diri Anda untuk menghitung secara cepat dengan berlomba dengan waktu yang ditentukan. Semakin cepat Anda menyelesaikan soal, semakin banyak juga soal yang Anda kerjakan.

3. Fokus Pada Tiap Sesinya dan Jangan Panik

5 Cara Kilat Sukses Menghadapi Tes Potensi AkademikSeperti pada tips nomor 5 diatas, Anda perlu fokus pada soal-soal yang dapat Anda kerjakan. Baca baik-baik setiap pertanyaan dan tinggalkan saja soal yang menurut Anda kurang familiar. Disinilah pentingnya setiap latihan yang terus dilakukan agar fokus terasah.

Ketika menghadapi setiap soal, percayalah kepada potensi dan kemampuan Anda serta setiap persiapan yang telah Anda lakukan. Jangan biarkan diri kita menjadi gugup dan panik ketika mengerjakan soal.

Tahukah Anda ketika kita panik dan khawatir maka konsentrasi dan daya fokus kita akan berkurang? Oleh sebab itu, ambil waktu tenang dan pikirkan setiap hal positif dan yakinlah bahwa Anda dapat menyelesaikan setiap soal dengan baik.

4. Persiapkan Fisik yang Prima

5 Cara Kilat Sukses Menghadapi Tes Potensi AkademikDalam menghadapi tes potensi akademik, Anda akan dihadapkan dengan ratusan soal dalam waktu yang relatif lama, namun singkat untuk menyelesaikan tiap soalnya.

Tanpa fisik yang prima, pikiran akan terganggu saat mengerjakan tes. Tentunya Anda tidak ingin ketika tes berlangsung kemudian Anda terganggu dengan sakit kepala, mulas, atau terserang flu dan hidung mampet.

Agar hal tersebut tidak terjadi, maka sebelum tes berlangsung sebisa mungkin persiapkan fisik agar tetap prima selama tes berlangsung. Jika fisik yang prima sudah Anda dapatkan, maka Anda sudah setengah jalan siap menjalani tes.

Di pagi hari sebelum tes berlangsung, jangan lupa pula sarapan dan minum yang cukup sehingga Anda tidak terganggu dengan rasa lapar dan haus ketika mengerjakan tes.

5. Persiapkan Kondisi Mental dan Spiritual

5 Cara Kilat Sukses Menghadapi Tes Potensi Akademik

Selain fisik yang prima, untuk dapat menghadapi tes potensi akademik dengan baik, seseorang juga harus memiliki kondisi mental dan spiritual yang kuat. Bagi banyak orang, ketenangan spiritual bisa didapatkan dengan lebih banyak berdoa.

Para muslim biasanya akan lebih banyak bertahajud dan para penganut agama lain akan lebih banyak mengunjungi rumah ibadah dan lebih khusyuk berdoa.[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]