cara anak ipa masuk jurusan ips

[vc_row type=”in_container” full_screen_row_position=”middle” column_margin=”default” scene_position=”center” text_color=”dark” text_align=”left” overlay_strength=”0.3″ shape_divider_position=”bottom” bg_image_animation=”none”][vc_column column_padding=”no-extra-padding” column_padding_position=”all” background_color_opacity=”1″ background_hover_color_opacity=”1″ column_link_target=”_self” column_shadow=”none” column_border_radius=”none” width=”1/1″ tablet_width_inherit=”default” tablet_text_alignment=”default” phone_text_alignment=”default” overlay_strength=”0.3″ column_border_width=”none” column_border_style=”solid” bg_image_animation=”none”][vc_column_text]Anak IPA Masuk Jurusan IPS, Bisa Gasih?

 

Satu hal yang sebaiknya kamu lakuin sebelum dibukanya pendaftaran SNMPTN, bahkan sejak jauh-jauh hari, adalah menentukan jurusan kuliah. Memilih jurusan memang ga mudah dan memang butuh waktu. Setelah kamu menemukan jurusan yang inginkan, bukan berarti perkara selesai. Kamu  mesti menyesuaikan pilihan jurusan dengan salah satu peraturan SNMPTN yaitu lintas jurusan. dan cara anak ipa masuk jurusan ips. Sebelumnya pahami dulu soal lintas jurusan terlebih dahulu.

Apa sih lintas jurusan itu?

 

 

Pembagian Jurusan di SNMPTN

Setiap PTN membaginya menjadi 2 kategori jurusan: IPA dan IPS. Kategori IPA pada umumnya berisi jurusan jurusan kelompok sains dan teknologi, seperti kedokteran, teknik, MIPA, dll. Sedangkan kategori IPS pada umumnya berisi jurusan-jurusan kelompok ilmu sosial dan humaniora seperti ekonomi, komunikasi, hukum, termasuk bahasa dan sastra masuk kategori IPS.

 

Bolehkah Lintas Jurusan di SNMPTN?

Setelah kamu mengetahui apakah jurusanmu masuk kategori IPA atau IPS, tinggal cocokan dengan jurusan sekolahmu. Kalo jurusan SMAmu sama dengan jurusan SNMPTN yang kamu inginkan, berarti ya sejurusan. Kalo beda, misal kamu SMA IPA tapi jurusan SNMPTN yang kamu inginkan IPS, berarti hal tersebut termasuk lintas jurusan.

 

Bagaimana Peluang SNMPTN Lintas Jurusan

Ngomongin peluang di SNMPTN sama aja kayak ngomongin sesuatu yang ga jelas. Pertama karena seleksinya tertutup, kedua karena peluang tiap sekolah juga berbeda-beda. Namun begitu kita bisa mengawang-awang apakah peluang bagi siswa yang ingin lintas jurusan itu gede atau tidak dari data Sebaran Siswa Diterima SNMPTN di masing-masing jurusan PTN.
Pertama contoh disamping adalah Sebaran Siswa Diterima di SNMPTN Akuntansi UI. Dari data tersebut bisa kamu lihat bahwa pada tahun 2014, dari 73 anak yang diterima di Akuntansi UI, 15 anak diantaranya atau 20% diantaranya berasal dari jurusan IPA. Jika kamu bandingkan pada tahun 2013, bisa kamu lihat bahwa persentase siswa IPA yang diterima adalah 24% dan pada tahun 2012 angkanya cukup tinggi yaitu 30%.

Jadi untuk bisa menilai seberapa welcome sih PTN terhadap siswa lintas jurusan, kamu bisa menganalisis dengan melihat data Sebaran Siswa Diterima seperti yang gue contohkan di atas.

 

 

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

<