Anak Cerdas dengan Parenting Positif

Anak Cerdas dengan Parenting Positif

Anak Cerdas dengan Parenting Positif

Anak Cerdas dengan Parenting Positif Banyak orang tua kini sadar betapa pentingnya menerapkan parenting positif untuk memengaruhi perkembangan anak di masa depan. Apa itu parenting positif? Ini adalah cara mendidik anak dengan penuh kasih sayang dan perhatian.

Studi terbaru dalam Clinical Child and Family Psychology Review 2023 menyelidiki pengaruh keterampilan parenting positif pada kemampuan anak. Hasilnya, pengasuhan positif memiliki dampak besar pada kemampuan mental-kognitif anak dan dampak sedang pada kemampuan bahasa.

Pondasi utama dalam parenting positif adalah:

  1. Memahami apa yang anak rasakan
  2. Mengerti apa yang menjadi kebutuhan anak
  3. Merespon kebutuhan anak dengan tepat
  4. Mendidik dan mengajari aturan dengan ramah

Contoh Penerapan Positif Parenting

  1. Sensitivitas
    • Jika anak tampak sedih, ajak anak berbicara dan tanyakan tentang hari mereka. Selain menjadi orang tua, Ayah/Bunda dapat menjadi sahabat atau teman curhat bagi anak sehingga ketika anak sedang menghadapi hari yang sulit, Ayah/Bunda lah yang menjadi orang pertama untuk anak bercerita.
  1. Responsif
    • Jika anak ingin dibacakan cerita atau meminta Ayah/Bunda untuk membantu mengerjakan PR, luangkan waktu untuk mereka agar mereka bisa merasakan keberadaan Ayah/Bunda.
  1. Disiplin Tidak “Keras”
    • Jika anak tidak merapikan mainan, jelaskan mengapa penting untuk merapikan dan membantu mereka melakukannya. Alih-alih hanya memarahi saja tanpa memberikan mereka arahan yang baik.

Positif parenting bukan berarti menjadikan anak manja, tetapi melalui pengasuhan yang penuh kasih sayang, perhatian, dan dukungan emosional, dapat memberikan kesempatan untuk belajar dan mandiri bagi anak.

Parenting yang benar dapat menciptakan dampak positif yang mendalam dalam kehidupan anak-anak, memungkinkan mereka tumbuh menjadi individu yang percaya diri, cerdas emosional, mampu menyelesaikan konflik dengan baik, dan memiliki sikap positif terhadap belajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *